Sedekah

@okaaprilia: saya mau nyaingin orang di kampung saya yg super sedekahnya, dosa nggak?
Gak. ‘Saingi’ juga amalan dia yg lain

@r_midanto: membeli sesuatu apakah itu termasuk sedekah ?? kan membantu penjual ??
Gak-lah. Itu memang transaksi. Jual-beli

@yurizalOEBIT: kasih sesuatu ke orang kaya, termasuk sedekah gag?
Yup, tp tergantung niat kita juga…

@djie77: saya suka sedekah pada karyawan sy, apa masalah ? Atau mesti sama org yg bnr” butuh?
Kalau rutin, bs potensi masalah

@semarisa: sedekah bisa bikin hati tenang mas?
Bisa. Palagi ‘sedekah’ sama istri pas malam jumat 🙂

@asig828: Ada yg hutang sama sy, dah ditagih tp gak dibayar juga. Kalau diikhlasin termasuk sedekah mas?
Yup, seolah2 sedekah setiap hari

@nadhariyat: sy ditipu 400jt..akhirnya ikhlas.. sedekah?
BUKAN! Itu buah dr kelalaian kt. Blh juga introspeksi: mgkn ada hak org lain

@syauqinaarahman: Mas kalau sedekah kurang disetujui suami?
Nurut saja. Sambil dialog pelan2 & sodorin buku sy 🙂

@vinnapplewhite: kalau aq cepet2 umroh, harus sedekah brp besar?
Apapun dream-nya, beli dgn sedekah 20% dari target. Dan ikhtiar tentunya

@TarehAkbar: Mas berapa % jumlah yg harus kita sedekahin dari total laba bersih yg afdol?
Kalau sy, 30%. Yang lain, sy sarankan 20% dulu

@heru_heri: Mas, bgm ya caranya spy dpt pekerjaan yg gajinya 3 jt per bulan
Sedekah 20% dari target & memantaskan diri tentunya

@MarthyFathimah: kalau punya utang, mending cicil hutang atau sedekah?
80% cicil utang. 20% sedekah. Kalau ada sisa, beli buku #7KR 🙂

@ThinaManalu: Mas kalau sedekah itu 20-30% dr total penghasilan atau dr total penghasilan dikurang hutang/tagihan?
Dari penghasilan, tok

@waroengbintang: saya sedekah 20% dari gaji, koq tdk dapat apa2? Gimana?
Mana mungkin! Itu sdg bekerja. Bersabar & berbaik-sangka-lah

@briankamajaya: kl sdh sedekah, tp kehidupan tdk kunjung berubah, gimana tuh?
Sedekah BUKAN segalanya. Mesti tahu ilmu, action dll

@m_yusufn: Saya sedekah 20 % dr uang insentif aja dpt kejutan jalan2 ke korea, apalagi kalau 50 % yah? 🙂
Mungkin ke neptunus 🙂

@Raiz_23: Mas sedekah itu baiknya dicicil atau langsung 20% dr target?
Kalau nyicil, dapatnya juga nyicil. Kelamaaaan 🙂

@Carnation92: bang, saya blm kerja, uang jajan masih dikasih ortu, kalau disedekahkan 20%?
Dijajanin aja blh, palagi disedekahin. Gmn sih

@ReeKeju14: mas, mau sedekah tapi uang yg mau disedekahin itu dari kredit bank buat usaha, gimana?
Boleh, 10%

@maizaryanto: Mas, kl sedekah sebaiknya langsung atau melalui lembaga (ZIS)?
Bebas. Kalau zakat mesti via lembaga

@mizi_azhari: mas kl saya zakat langsung buat tetangga?
Sdh triliunan kali dibahas. Zakat via amil. Biasain deh, lihat TL sblm tanya 🙂

@meillyimel: menurut mas jika kita bersedekah kpd pengemis yg masih kuat bekerja?
Kalau rutin & byk, saran sy, via lembaga

@RobiatunHasanah: Mas THR karyawan, boleh dr zakat maal?
Ada2 saja. Gak boleh-lah. Zakat itu TERTENTU penerimanya. Cari tahu deh

@rikaciip: mas, uang THR boleh disedekahin ?
Direndam di baskom aja boleh, apalagi disedekahin? 🙂